• Home
  • Infomina
  • Tampilkan Potensi Ikan Hias dan Kembangkan BBI

Tampilkan Potensi Ikan Hias dan Kembangkan BBI

| Tue, 14 Dec 2021 - 09:50

Aquarium Expo 2021 yang digelar Dinas Perikanan Kabupaten Banyuwangi di Balai Benih Ikan (BBI) Genteng, Banyuwangi, berlangsung semarak, Senin (6/12).  Berbagai aquascape dipamerkan, termasuk paludarium, aquarium yang dilengkapi tumbuhan di dalam dan di luar air yang berisi ikan darat, ikan laut, dan air payau.


Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani yang hadir dan membuka Aquarium Expo 2021 itu mengatakan, ini upaya untuk mengenalkan BBI kepada masyarakat dengan nuansa baru. “Mata saya agak terhibur dengan melihat ikan yang berenang-renang,” katanya sambil melihat ikan di belakang podium.


Jika selama ini yang dilakukan di BBI hanya sebatas transaksi ikan, Ipuk berharap ada nilai lebih yang bisa dilakukan. BBI harus bisa menjadi tempat belajar yang menyenangkan dengan rasa wisata. “Anak-anak sekolah yang mau belajar ikan, bisa di sini,” cetusnya.


Khusus untuk kegiatan expo ini, Ipuk berharap BBI bisa mengembangkan lagi. BBI tidak hanya terpaku pada kegiatan yang berbasis pada perikanan saja. Ia menginginkan keterlibatan masyarakat sekitar. Warga bisa memanfaatkan BBI menjadi pusat kegiatan . “Kita ingin menjadikan BBI dalam suasana baru, tidak hanya budidaya bibit ikan, tapi semua bisa kolaborasi di sini. Bisa berkelanjutan dan bisa untuk wisata, family tourism lah,” ungkapnya.


Baca juga: Punya Daya Saing Tinggi, KKP Dorong Peningkatan Industri Ikan Hias Endemik


Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi, Alief Rachman Kartiono menyampaikan  Aquarium Expo 2021 ini sengaja ditempatkan di BBI. Pihaknya telah merancang untuk pengembangan BBI. Ke depan, BBI tidak hanya menjadi pusat benih ikan konsumsi, tapi juga pusat budidaya ikan hias. Selain itu, potensi wisata yang ada di BBI juga akan dikembangkan. “Kami ingin rebranding, ke depan BBI bisa tempat edukasi dan wisata,” cetusnya.


Melalui Aquarium Expo 2021 ini, Alief ingin mewadahi para penghobi aquascape. Tren ini, muncul dari kreativitas kalangan milenial di tengah pandemi. Pihaknya perlu mendukung karena tren ini bisa memacu perekonomian di sektor perikanan hias. “Aquascape ini tumbuh akibat pandemi, kelompok milenial mengenbangkan improvisasi dan inovasi,” ungkapnya.


Sumber: radarbanyuwangi.jawapos.com

Artikel lainnya

Terkini 

Underground Injection of Aquaculture Wastewater

Minapoli

269 hari lalu

  • verified icon673
Terkini 

Pentingnya Perawatan Berkala Keramba Jaring Apung

Indah Sari Windu (ISW)

543 hari lalu

  • verified icon1376
Terkini 

Pakan Nener Bandeng, Alternatif Pakan Berkualitas

Minapoli

60 hari lalu

  • verified icon216